Komparasi penerapan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bi-al-Tamlik (IMBT) dan Musyarakah Mutanaqishah pada produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) Griya Faedah di Bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung

Zaeni, Miftachudin (2022) Komparasi penerapan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bi-al-Tamlik (IMBT) dan Musyarakah Mutanaqishah pada produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) Griya Faedah di Bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) banyak dilakukan oleh bank baik ban konvensional maupun bank syariah. Bank Syariah tentunya mengedepankan sistem syariah, sehingga terhindar dari sistem bunga. Salah satu pembiayaan kepemilikan rumah(KPR) Griya Faedah dilakukan oleh bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung dengan menggunakan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bi-al-Tamlik (IMBT) dan Musyarakah Mutanaqishah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) Griya Faedah di bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung dengan akad murabahah, ijarah muntahiya bi al-tamlik (IMBT) dan musyarakah mutanaqishah. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwasanya dalam Hukum Ekonomi Islam terdapat akad yang mengatur tentang pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) di samping dasar hukum al-Qur’an, hadis serta kaidah fikih. Akad yang dimaksud yaitu akad murabahah, ijarah muntahiya bi al-tamlik (IMBT) dan musyarakah mutanaqishah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif, yaitu membandingkan dan menjelaskan tentang pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) di Bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung yang menggunakan akad murabahah, ijarah muntahiya bi al-tamlik (IMBT) dan musyarakah mutanaqishah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bank BRI Syariah KCP Kopo Bandung dalam produk Pembiayaan KPR Griya Faedah telah menjalankan penerapan akad murabahah, ijarah muntahiyah bittamlik dan musyarakah mutanaqishah telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI. Pada implementasinya, Nasabah cenderung lebih memilih akad murabahah dengan alasan praktis dan lebih mudah dalam penerapannya karena hanya menggunakan satu akad yaitu jual beli, sedangkan akad IMBT dan musyarakah mutanaqishah jarang diminati nasabah karena dinilai rumit dalam aplikasinya karena menggunakan lebih dari satu akad, terutama untuk masyarakat menengah ke bawah yang juga minim pengetahuan, dalam murabahah nasabah mendapat keuntungan dari kepemilikan rumah tersebut, karena pada saat akad aset/rumah tersebut sudah atas nama nasabah, sehingga segala macam risiko dapat ditangani oleh nasabah. Sedangkan pada akad imbt, kepemilikan aset atau rumah masih milik Bank, nasabah hanya sebagai pihak penyewa, sehingga ketika risiko kerusakan pada aset muncul maka nasabah harus membayar kerusakan aset tersebut kepada Bank. Kemudian, pada akad musyarakah mutanaqishah kepemilikan aset atau rumah menjadi milik bersama, sehingga apabila terjadi kerusakan pada aset maka harus ditanggung bersama sesuai dengan porsi kepemilikan atas aset tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komparasi KPR, Murabahah; Ijarah Muntahiya Bi-al Tamlik, Musyarakah Mutanaqishah
Subjects: Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Miftachudin Zaeni
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:03
Last Modified: 03 Jan 2023 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62505

Actions (login required)

View Item View Item