Pengembangan aplikasi Android berbasis App Inventor untuk meningkatkan literasi energi peserta didik pada konteks energi Geothermal

Silvianti, Novia (2022) Pengembangan aplikasi Android berbasis App Inventor untuk meningkatkan literasi energi peserta didik pada konteks energi Geothermal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Literasi energi di era revolusi industri 4.0 memiliki peran penting sebagai solusi menghadapi ancaman krisis energi dan masalah perubahan iklim. Penelitian pengembangan media aplikasi android bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi android, keterlaksanaan pembelajaran dengan media aplikasi android, respon peserta didik terhadap penggunaan media aplikasi android, dan peningkatan literasi energi peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 2 Majalengka. Sampel yang digunakan ialah kelas XII IPA 4 dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, lembar kegiatan AABTLT With SAS yang terintrigasi di dalam aplikasi android, angket respon peserta didik, dan tes literasi energi. Hasil penelitian menyatakan media pembelajaran aplikasi android sangat layak digunakan dengan nilai 0,87 dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase 82,4% serta peningkatan literasi energi peserta didik memperoleh nilai n-gain 0,55 dengan interpretasi sedang. Hasil uji hipotesis terhadap nilai pretest-posttest pada α=0,05 didapatkan nilai sig.(2taled) 0,00. artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat peningkatan yang signifikan. Maka kesimpulan penelitian penelitian ini pengembangan media pembelajaran aplikasi android dapat meningkatkan literasi energi peserta didik pada konteks energi geothermal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi android; APP Inventor; literasi energi; energi geothermal
Subjects: Education, Research
Physics > General Publications of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Novia Silvianti
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:28
Last Modified: 29 Dec 2022 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62519

Actions (login required)

View Item View Item