Silvianti, Novia (2022) Pengembangan aplikasi Android berbasis App Inventor untuk meningkatkan literasi energi peserta didik pada konteks energi Geothermal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Literasi energi di era revolusi industri 4.0 memiliki peran penting sebagai solusi menghadapi ancaman krisis energi dan masalah perubahan iklim. Penelitian pengembangan media aplikasi android bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi android, keterlaksanaan pembelajaran dengan media aplikasi android, respon peserta didik terhadap penggunaan media aplikasi android, dan peningkatan literasi energi peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 2 Majalengka. Sampel yang digunakan ialah kelas XII IPA 4 dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, lembar kegiatan AABTLT With SAS yang terintrigasi di dalam aplikasi android, angket respon peserta didik, dan tes literasi energi. Hasil penelitian menyatakan media pembelajaran aplikasi android sangat layak digunakan dengan nilai 0,87 dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase 82,4% serta peningkatan literasi energi peserta didik memperoleh nilai n-gain 0,55 dengan interpretasi sedang. Hasil uji hipotesis terhadap nilai pretest-posttest pada α=0,05 didapatkan nilai sig.(2taled) 0,00. artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat peningkatan yang signifikan. Maka kesimpulan penelitian penelitian ini pengembangan media pembelajaran aplikasi android dapat meningkatkan literasi energi peserta didik pada konteks energi geothermal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi android; APP Inventor; literasi energi; energi geothermal |
Subjects: | Education, Research Physics > General Publications of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Novia Silvianti |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62519 |
Actions (login required)
View Item |