Nurananda, Muhamad Muksin (2022) Manajemen media relations dalam meningkatkan citra positif: Studi di bidang Humas Polda Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
Abstract
Muhamad Muksin Nurananda: Manajemen Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi di Bidang Humas Polda Jawa Barat). Citra Kepolisian dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, ini diakibatkan karena sejumlah kasus kekerasan yang dilakukan oleh Oknum Pihak Kepolisian. Pihak kepolisian melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan citranya, salah satunya dilakukan dengan cara memperkuat dan memperbaiki hubungan dengan media atau yang disebut media relations. Seorang Humas juga harus memiliki strategi dalam membangun hubungan dengan media agar pemberitaan media dapat terkontrol dengan baik sehingga citra lembaga tetap terjaga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Bidang Humas Polda Jawa Barat dalam mengelola relasi dengan media, mengembangkan strategi kebijakan media relations dan membangun jaringan dengan media sebagai upaya dalam meningkatkan citra positif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Strategi Manajemen Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara yang menjelaskan tiga konsep strategi manajemen yang dilakukan dalam melakukan hubungan dengan media yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi kebijakan dan mengembangkan jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kualitatif dimana dalam penelitian ini menjabarkan strategi manajemen media relations yang dilakukan oleh Bidang Humas Polda Jawa Barat dalam bentuk deskripsi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa strategi manajemen media relations yang digunakan oleh Bidang Humas Polda Jawa Barat dalam membangun hubungan dengan media sebagai upaya membangun citra positif adalah dengan cara dilakukan kerjasama kemitraan dan mengelola relasi dengan media, baik relasi tugas maupun relasi pribadi yang konvergensi yang didalamnya meliputi perpaduan antara media cetak, media elektronik, dan media online dengan mempertimbangkan aspek-aspek objektifitas, transparansi, akuntabel, dan partisipatif. Saran dalam penelitian ini, bagi praktisi humas yang menjalankan aktifitas kehumasan terkait media relations dapat menggunakan cara mengelola relasi, mengembangkan strategi kebijakan, dan mengembangkan jaringan. Saran bagi lembaga yang lain yang mempunyai tujuan dalam meningkatkan citra, salah satunya dapat menggunakan cara media relations seperti Humas Polda Jawa Barat. Saran bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan lebih jauh terkait aspek-aspek media relations yang belum dibahas dalam penelitian ini. Muhamad Muksin Nurananda: Media Relations Management in Improving a Positive Image (Study in the Public Relations of the West Java Police). The image of the Police in recent years has decreased, this is due to a number of cases of violence perpetrated by the Police. The police made several efforts to improve its image, one of which was done by strengthening and improving relations with the media or what was called media relations. A PR must also have a strategy in building relationships with the media so that media coverage can be well controlled so that the image of the institution is maintained. The purpose of this study was to determine the West Java Police Public Relations Division in managing relations with the media, developing media relations policy strategies and building networks with the media as an effort to increase a positive image. The concept used in this research is the concept of Media Relations Management Strategy proposed by Yosal Iriantara which explains three concepts of management strategy carried out in conducting relations with the media, namely managing relationships, developing policy strategies and developing networks. The method used in this research is a qualitative study method which in this study describes the media relations management strategy carried out by the Public Relations Division of the West Java Police in the form of a description. The data obtained in this study through in-depth interviews, observation and document analysis. The results of this study illustrate that the media relations management strategy used by the Public Relations Division of the West Java Regional Police in building relationships with the media as an effort to build a positive image is by means of partnerships and managing relationships with the media, both task relations and personal relationships that converge in which includes a combination of print media, electronic media, and online media by considering the aspects of objectivity, transparency, accountability, and participation. Suggestions in this study, for public relations practitioners who carry out public relations activities related to media relations can use how to manage relationships, develop policy strategies, and develop networks. Suggestions for other institutions that have a goal in improving their image, one of which can be using media relations methods such as the West Java Police Public Relations. Suggestions for further research are expected to be able to develop further related aspects of media relations that have not been discussed in this study.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Relations; Citra; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Muhamad Muksin Nurananda |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 06:49 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62638 |
Actions (login required)
View Item |