Pemahaman siswa terhadap materi perilaku Taubat, Taat, Istiqamah, dan Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari hubungannya dengan Akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung

Arief, Mizan (2022) Pemahaman siswa terhadap materi perilaku Taubat, Taat, Istiqamah, dan Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari hubungannya dengan Akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Miftahul Falah Bandung pada mata pelajaran akidah akhlak salah satu kompetensi dasarnya yaitu perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. KD ini bertujuan siswa diharapkan mampu mengamalkan perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti melihat akhlak siswa di sekolah memiliki akhlak yang bemacam-macam mulai dari yang baik sampai kurang baik. Maka dari itu peneliti mengaitkan pemahaman siswa terhadap materi perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari apakah memiliki pengaruh terhadap akhlak siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas VII terhadap materi perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, 2) Akhlak siswa kelas VII di MTs Miftahul Falah Bandung, 3) Hubungan pemahaman siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung terhadap materi perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak diantaranya pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Responden 29 siswa kelas VII A MTs Miftahul Falah Bandung. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, angket, studi dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji koefesien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi perilaku taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari berkategori sangat kurang dengan perolehan skor 49,15 yang berada pada angka ≤49. Realitas akhlak siswa kelas VII di MTs Miftahul Falah Bandung berkategori baik dengan perolehan skor 4,09 yang berada pada interval 3.40 - 4.19. 3) Realitas hubungan pemahaman siswa terhadap materi perilaku taubat,taat, istiqamah, dan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung berada pada kategori sangat rendah dengan koefesien korelasi sebesar 0.09 berada pada interval 0.00 – 0,199. Hasil uji signifikasi koefesien korelasi menunjukan thitung lebih keci dari ttabel (0,21 < 25,65). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Taubat; Taat; Istiqamah; Ikhlas; Akhlak Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mizan Arief
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:21
Last Modified: 02 Jan 2023 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62770

Actions (login required)

View Item View Item