Dakwah visual melalui Instagram : Analisis semiotika Charles Sander Peirce pada akun @dakwahvisual.id

Salsabilla, Nabilla Fitri (2022) Dakwah visual melalui Instagram : Analisis semiotika Charles Sander Peirce pada akun @dakwahvisual.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Kewajiban berdakwah merupakan tanggung jawab bagi setiap umat Islam. Beragam metode yang dapat dilakukan dalam beramar ma`ruf nahi munkar. Apalagi jika sudah dihadapi dengan zaman yang terus berkembang seperti saat ini yang telah memasuki tahun 2022, yang tidak dapat disangkal bahwa perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang dengan pesat. Salah satu buah dari perkembangan teknologi tersebut ialah aplikasi media sosial instagram, yang dapat membagikan beragam foto dan vidio kepada khalayak. Keberadaan aplikasi ini merupakan angin segar bagi para da`i milenial ini untuk memanfaatkannya sebagai media yang digunakan untuk berdakwah. Terutama akun instagram yang mengutamakan unsur desain visual sebagai konten yang berisikan pesan-pesan dakwah. Sebagaimana yang dilakukan oleh akun instagram @dakwahvisual.id. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui bagaimana interpretasi komunikasi dakwah visual pada unggahan yang ada pada akun instagram @dakwahvisual.id, serta guna mengetahui unsur-unsur desain dan mengetahui pesan dakwah yang terkandung didalamnya. Sebagai bahan acuan dalam meneliti dakwah visual melalui instagram pada akun @dakwahvisual.id ini peneliti menggunakan teori new media dan teori analisis semiotika Charles Sander Peirce. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian adalah metode penelitian analisis semiotika Charles Sander Peirce. Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, keseluruhan konten dakwah visual pada unggahan yang diteliti dari akun instagram @dakwahvisual.id mengandung unsur-unsur desain komunikasi visual yang terdiri dari warna, ilustrasi, dan tipografi yang baik. Meskipun ada beberapa aspek dalam ilustrasi yang perlu diperdetail lagi agar unsur visualnya lebih kuat, sehingga lebih mudah dalam mewakili sebuah makna. Kedua, pesan dakwah yang disampaikan dalam setiap unggahannya berisikan nilai-nilai Islam berupa ajakan untuk menjaga diri dari berbuat dosa, dan pesan-pesan keimanan. Ketiga, keseluruhan elemen visual, ilustrasi, warna, pesan teks dalam setiap poster unggahannya telah mampu dalam menampilkan visual sebagaimana baiknya sehingga dapat diinterpretasikan secara mudah oleh mad`u. Meskipun dengan catatan perlu adanya penambahan keterangan penjelas yang lebih lanjut pada bagian caption unggahan instagram guna mengurangi kesalahpahaman dalam menerima pesan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Visual; Metode Dakwah; Akun Instagram; Desain; Semiotika
Subjects: Communications Telemunications
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nabilla Fitri Salsabilla
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:22
Last Modified: 03 Jan 2023 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62870

Actions (login required)

View Item View Item