Afifah, Fani Siti (2022) Penerapan metode POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Directed Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (835kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Yastrib yang dibuktikan dengan persentase jawaban benar siswa sebelum penelitian sebesar 31,03%, serta self directed learning siswa yang masih perlu ditingkatkan dibuktikan dengan 7% siswa mendapat skor empat, 23% siswa mendapat skor tiga, 41% siswa mendapat skor dua, dan 28% siswa yang mendapat skor 1. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional dan mengetahui rata-rata peningkatan self directed learning siswa setelah menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain) lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain). Metode yang digunakan adalah kuasi semu dengan desain Non-Equivalent Control Group, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa yang terdiri dari dua kelas, 28 siswa kelas kontrol (VIII B) dan 28 siswa kelas eksperimen (VIII A). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan metode POE (Predict, Observe, Explain) lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode Konvensional. (2) peningkatan self directed learning siswa sesudah menerapkan metode POE (Predict, Observe, Explain) meningkat dibandingkan sebelum menerapkan metode POE, namun masih perlu adanya peningkatan lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Directed Learning; Metode Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fani Siti Afifah |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 02:22 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62961 |
Actions (login required)
View Item |