Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik : Studi deskriptif pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Warungkondang Cianjur

Oktaviani, Risky Asri (2022) Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik : Studi deskriptif pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Warungkondang Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Fungsi manajemen merupakan sebuah aktivitas yang di dalamnya berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mencapai tujuan dari organisasi, dengan adanya fungsi manajemen pelayanan publik dapat terencana, terorganisir, dan terealisasikan dengan sistematis. Kantor Urusan Agama (KUA) memiliki fungsi sebagai lembaga pelayanan publik dalam bidang administratif memerlukan adanya penerapan fungsi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen seperti: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan/pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di KUA Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori George R Terry, mengenai manajemen yaitu sebuah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) atau disingkat menjadi POAC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berdasarkan hasil obervasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan Warungkondang Cianjur selalu melakukan yang terbaik dalam pemberian pelayanan publik dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Perencanaan yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dilakukan dengan baik dan sistematis. Pengorganisasian dilakukan dari pembuatan struktur organisasi yang sudah ditentukan tugas dan wewenangnya, sehingga SDM yang kurang dapat dimaksimalkan, pelaksanaan dilakukan dengan merealisasikan program yang sudah direncanakan, pengawasan yang dilakukan menggunakan dua metode, metode pengawasan langsung dan metode pengawasan tidak langsung dalam pemberian pelayanan kepada publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fungsi Manajemen, Pelayanan Publik, Kantor Urusan Agama.
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Risky Asri Oktaviani
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:26
Last Modified: 09 Jan 2023 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63187

Actions (login required)

View Item View Item