Anugrah, Nisa Rizkiya (2022) Strattegi dakwah komunitas Musisi Mengaji dalam mensosialisasikan hijrah di media sosial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Banudng.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali, baik itu perorangan maupun kelompok, seperti komunitas. Salah satu komunitas yang melakukan kegiatan dakwah adalah Komunitas Musisi Mengaji. Komunitas Musisi Mengaji merupakan komunitas hijrah yang gencar mensosialisasikam hijrah di media social yang masih menjadi permasalahan dalam pemaknaan hijrah itu sendiri. Dalam menjawab persoalan hijrah yang berkembang di masyarakat tentunya dibutuhkan sebuah strategi agar tujuan dakwah yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini membahas tiga bagian penting, yaitu perumusan strategi dakwah, implementasi strategi dakwah dan evaluasi strategi dakwah Komunitas Musisi Mengaji dalam mensosialisasikan hijrah di media social. Penelitian ini menggunakan teori konsep strategi yang dikemukakan oleh Fred R. David sebagai alat yang akan membedah hasil penelitian secara objektif dan menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang di dalamnya memaparkan hasil analisis data secara deskriptif dari strategi dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Musisi Mengaji. Data hasil penelitian berbentuk kata dan kalimat yang di dapat dati hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan strategi dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Musisi Mengaji dalam mensosialisasikan hijrah di media social, yaitu : pertama, pada tahap perumusan strategi dakwah dilakukan dengan perumsan visi dan misi, persiapan panitia dalam menentukan tema dan membuat TOR, identifikasi peluang ancaman dan menyadari kekuatan kelemahan komunitas, dan perumusan five core values komunitas. Kedua, pada tahap implementasi strategi dakwah dilakukan dengan penyebaran informasi kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan penyebaran rangkuman hasil kegiatan di media sosial. Terakhir dalam tahap evaluasi startegi dakwah dilakukan dengan evaluasi kinerja panitia dan narasumber, evaluasi fasilitas kegiatan, evaluasi teknis kegiatan dan evaluasi faktor pendukung dan penghambat kegiatan. Tiga aspek temuan tersebut menjadikan strategi dakwah Komunitas Musisi Mengaji efektif dalam mensosialisasikan hijrah di media sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi dakwah; komunitas; hijrah; media sosial |
Subjects: | Islam > Da'wah Communities General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Nisa Rizkiya Anugrah |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 07:41 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63222 |
Actions (login required)
View Item |