Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline berbasis etnomatematika sebagai learning exercise

Rostikasari, Anna Katresna (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline berbasis etnomatematika sebagai learning exercise. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar yang dapat menarik minat dan pemahaman materi peserta didik merupakan ciri pembelajaran yang baik dan hal tersebut perlu ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Penggunaan media ini sejalan dengan laju perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat, menuntut guru untuk dapat berinovasi dalam proses mengajarnya. Guru juga harus mengubah sudut pandang peserta didik mengenai matematika yang bersifat abstrak dengan menyajikan materi dalam bentuk konkret dan dekat dengan keseharian peserta didik, seperti etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang memakai model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 14 Bandung kelas VII, guru matematika SMPN 14 Bandung, ahli materi, ahli media dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika sebagai learning exercise. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika sebagai learning exercise dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) Media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika sebagai learning exercise layak digunakan dengan persentase validitas keseluruhan sebesar 94,51% (sangat valid), persentase kepraktisan pendidik sebesar 100% (sangat praktis) dan persentase kepraktisan peserta didik sebesar 89% (sangat praktis), serta persentase efektivitas sebesar 77% (sangat efektif).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline; Etnomatematika; Learning Exercise.
Subjects: Adult Education
Adult Education > Distance Education
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Anna Katresna Rostikasari
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:53
Last Modified: 10 Jan 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63295

Actions (login required)

View Item View Item