Dzakirah, Nuha (2017) Aktivitas Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan: Studi Deskriptif terhadap Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan konsep pemasaran pariwisata mulai diterapkan pada semua tingkatkan pemerintah, baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat. Hal tersebut merupakan indikator bahwa Kementrian Pariwisata Indonesia berupaya untuk meningkatkan dan membangun sektor pariwisata yang secara langsung mempunyai dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan, dibutuhkan beberapa strategi dalam aktivitas public relations salah satunya dengan melakukan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas public relations dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli melalui promosi internet, promosi langsung dan promosi media cetak dan elektronik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan yang dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan teknik pengumpulan data dan akhirnya mengolah data kemudian menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas public relations dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan melalui promosi internet dengan menggunakan instagram. Untuk promosi langsung yang dilakukan melalui adanya pameran dipercaya dapat lebih mudah untuk menarik minat wisatawan, selain itu adanya promosi langsung dengan biro perjalanan juga nantinya akan memudahkan wisatawan untuk berkunjung, adanya komunitas juga dapat membantu melaksanakan promosi langsung kepada masyarakat. Promosi melalui media cetak koran dan media elektronik radio menjadi penyeimbang dari promosi melalui instagram, karena sebagian masyarakat berminat untuk mendapatkan informasi melalui koran dan radio. ABSTRACT The marketing concept tourism development started to be applied in every range of government, includes district, province and central government. This case is the indicator that Tourism Department of Indonesia endeavours to increase and develop tourism sector which directly give a significant impact on economic growth in Indonesia. In effort to increase the tourism attraction, it is consucted some strategy in public rellation activity by doing the promotion. The aim of this research is to reveal how the public relations activity in increasing tourism attraction by Toli toli Tourism Department through internet, direct promotion, mass media and electronic promotion. The method which is used in this research is qualitative descriptive by using technic of collecting data through observation, deep interview, and documentation. This research is conducted through some steps; determining the research location, research method, technique of collecting data, and the last are processing then analyzing the data. The result shows that public relations activity in effort to increase the tourism attracrion through internet promotion by using instagram. In another hand the direct promotion which is done through hold the exhibition is easier to attract the tourists. Besides, by joining with trip advisor will be easier the tourists to visit. The existent of community also helping the direct promotion activity to society. The promotion through mass media and radio electronic will balancing the promotion through instagram, since a half of people interested in getting information through newspaper and radio.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations; Wisatawan; Promosi; Tolitoli; Sulawesi Tengah |
Subjects: | Communications Telemunications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Nuha Dzakirah |
Date Deposited: | 21 Feb 2018 09:24 |
Last Modified: | 21 Feb 2018 09:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6339 |
Actions (login required)
View Item |