Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Globalisasi: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Assalafiyah Kabupaten Garut)

Juariyah, Ipa (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Globalisasi: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Assalafiyah Kabupaten Garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

IPA JUARIYAH: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Globalisasi Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Assalafiyah Kabupaten Garut) Latar belakang dari penelitian ini berawal dari temuan permasalahan yang terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas IV MI Assalafiyah Kabupaten Garut, bahwa hasil belajar kognitif beberapa peserta didik kurang pada matabpelajaran PKn serta hasil belajar yang diperolehnya belum mencapai Krieria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan. Hal ini dapat disebabkan karena pendidik dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode yang monoton, sehingga peserta didik cenderung pasif dan merasa jenuh ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV MI Assalafiyah kabupaten Garut, untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV MI Assalafiyah Kabupaten Garut, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV MI Assalafiyah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif peserta didik dapat meningkat apabila pendidik mampu memilih dan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square dikarnakan peserta didik belajar dalam kelompok dan di adakannya uji pemahaman melalui permainan (game) sehingga peserta didik melakukan kerjasama dan berusaha mengingat pelajaran yang telah diberikan oleh pendidik. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan miodel pembelajaran kooperatif tipe word square diduga dapat meningkatakan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan empat tindakan muali dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Assalafiyah yang berjumlah 28 orang peserta didik yang terdiridari 19 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan analisis data. Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square belum memenuhi KKM yaitu dengan nilai rata-rata 58,57 dengan presentase 21,42%. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe word square mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,44 dengan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 75%, kemudian meningkat padas iklus II menjadi 86,73 dengan presentase 89,28% dengan krieria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Word Square; Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IPA JUARIAH OOM
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:34
Last Modified: 23 Feb 2018 08:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item