Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik

Siregar, Fatma Khairani Annisa (2022) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi dikelas II MI Padangsidimpuan Batunadua Medan tentang rendahnya pemahaman siswa dan kemampuan daya ingat siswa kelas II MI Padangsidimpuan Batunadua dalam pembelajaran tematik, ditandai dengan masih banyaknya siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimun. Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) menjadikan siswa belajar secara pasif, siswa diam ketika ditanya oleh guru dan suasana kelas yang kurang menyenangkan, karena pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas II MI Padangsidimpuan Batunadua Medan pada pemelajaran tematik setelah menerapkan metode resitasi dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode resitasi. Hal ini sesuai dengan pendapat Hamdayama (2014), Metode resitasi merupakan metode yang dapat mengaktifkan siswa untuk mempelajari sendiri-sendiri suatu masalah dengan jalan membaca, mengerjakan soal, sehingga apa yang mereka pelajari dapat mereka rasakan berguna untuk mereka dan akan lebih lama mereka ingat. Penggunaan metode resitasi (tugas), diberikan dengan harapan agar siswa memiliki hasil belajar yang lebih maksimal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif . Subjek penelitian adalah kelas II MI Padangsidimpuan Batunadua Medan dengan jumlah sempel 15 anak. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Penelitian dilakukan pada siswa Kelas II Mi Padangsidimpuan Batunadua Medan pada pembelajaran tematik melalui metode resitasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode resitasi (penugasan) yaitu suatu cara penyajian pelajaran dengan cara pemberian tugas oleh guru kepada siswa baik berupa individu maupun kelompok dalam waktu yang telah ditentukan dan siswa diminta untuk mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya. Berdasarkan hasil penelitian terhadap penilaian motivasi belajar siswa, sudah dideskripsikan bahwa hasil rata-rata motivasi siswa adalah 77.5 dengan kategori termotivasi. Sedangkan hasil penilaian terhadap terhadap tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah Rata-rata nilai penugasan siswa dalam mengerjakan tugasBahasa Indonesia adalah 87 dengan kriteria kompeten. Ada 3 orang siswa (20 %) dari 15 orang siswa dengan kriteria sangat kompeten. Ada 10 orang siswa (67 %) dengan kriteria kompeten. 3 orang siswa ( 13%) dari 15 orang dengan kriteria cukupkompeten. Tidak ada siswa yang masuk kategori kurang kompeten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; pembelajaran tematik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatma Khairani
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:34
Last Modified: 11 Jan 2023 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63452

Actions (login required)

View Item View Item