Pesan dakwah dalam Film Cinta dalam Ukhuwah: Analisi wacana film karya keluaraga Film Maker Muslim

Nursyamsi, Yasyifa Fajaria (2017) Pesan dakwah dalam Film Cinta dalam Ukhuwah: Analisi wacana film karya keluaraga Film Maker Muslim. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Agama dianggap sebagai kebutuhan hidup setiap individu, maka manusia memerlukan pejelasan yang kongkrit untuk menerima pesan dakwah yang bersifat abstrak. Film merupakan media yang di gunakan satu komunitas bernama Film Maker Muslim (FMM)sebagai strategi dalam dakwah. Sebuah film di produksi dengan judul “Cinta dalam Ukhuah” dengan gendre drama religi berhasil ditayangkna dari kota kekota secara ekslusif dalam tujuan dakwah lewat entertain. Kemunculannya ditengan banyak film yang di produkasi menjadi hal yang harus di teleti baik secara makna ataupun produksinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pesan dakwah dari kejelasan wacana yang diangkat dari Film Cinta dalam Ukhuah. Film yang alur ceritanya tersususun secara srtuktural dari tema dan skema, akhirnya di kembangkan pada fokus penelitian mengenai kognisi sosial dan konteks sosial. Film sebagai referensi wacana keilmuan dakwah terutama dalam bidang I'lam yang bisa mejadi referensi yang mendukung penyebaran nilai-nilai islam. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana menurt Teun Van Djik dengan konsep „kognisi sosial‟ istilah yang disadur dari pendekatan psikologi sosial untuk menjelaskan struktur dan proses terbentuk suatu teks. Metode yang di gunakan adalah analisis Wacana dalam model Teun A. Van Dijk mengutamakan tiga hal atau dimensi yaitu teks sosial, kognisi sosial, dan konteks sosial, dan inti dari model ini adalah menggabungkan ketiga dimensi tadi menjadi sebuah kesatuan. Pendekatan kualitatif dirasa tepat karena hasil dokumen dipadupadankan dengan data hasil wawacara bersama penulis skenario dan komentar penonton dari youtube kemudian dijelaskan keseuainannya dengan teori. Hasil penelitian di film Cinta dalam ukhuah ini didapatkan tiga kesimpulan utama: pertama secara teks film ini mengandung Pesan dakwah dengan topik toleransi, ukhuwah dan inklusivisme. Kedua, kognisi sosial pengalaman pribadi penulis mempengaruhi bagaimana teks skenario diproduksi. Ketiga, kontekas sosial permasalah masyaraka Islam diangkat sebagai "konflik dan anti klimaks" dalam dialog pada teks skenario dan film di yang diprodukasi. Cerita yang di sampaikan dalam film diangkat dari wacana melalui pendekatan psikososial, mengkonstruksi wacana tentang sikap kritis dan tabayun terhadap startegi yahudi ini sebagai pesan moral dan nilai-nilai ke-Islaman.Film disimpulkan dapat menjadi media dakwah yang efektif karena pesan dapat disampaikan kepada penonton secara halus dan menyentuh relung hati tanpa merasa digurui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Film; Komunitas
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yasyifa Fajaria Nursyamsi
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:46
Last Modified: 23 Feb 2018 08:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item