Firdausa, Salsabila (2022) Pengembangan Software berbasis Concept Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Al Fatah pada materi bangun ruang sisi datar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan software edukasi dalam dunia pendidikan menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Dengan hal itu penelitian ini mengembangkan software berbasis Concept Mapping yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Al Fatah pada materi bangun ruang sisi datar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pengembangan software berbasis Concept Mapping menggunakan model 3D. (2) Validitas dari pengembangan software berbasis Concept Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VII MTs Al Fatah. (3) Efektivitas dari pengembangan software berbasis Concept Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VII MTs Al Fatah. Hasil dari penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Berdasarkan proses pengembangan dengan model 3D dihasilkan software berbasis Concept Mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Al Fatah pada materi bangun ruang sisi datar. (2) Validitas software berbasis Concept Mapping pada aspek media mendapatkan hasil 83% termasuk kategori valid. Sedangkan pada aspek materi mendapatkan hasil 94% termasuk kategori valid. (3) Penggunaan software berbasis Concept Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas VIII MTs Al Fatah pada materi bangun ruang sisi datar dengan nilai keefektifan mencapai 94%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software Edukasi; Concept Mapping; Pemahaman Matematis; Bangun Ruang Sisi Datar; |
Subjects: | Special Computer Methods > Multimedia Systems Education Mathematics General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salsabila Firdausa Salsabila |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63747 |
Actions (login required)
View Item |