Tania, Nita (2022) Efektivitas permainan sirkuit “Cari Aku” terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Persis 140 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelompok B RA Persis 140 Garut, penulis menemukan permasalahan mengenai permainan sirkuit “cari aku” dengan nilai rata-rata 62 yang diinterpretasikan pada kategori kurang dan pada kemampuan berpikir simbolik anak usia dini dengan nilai rata-rata 2,03 yang diinterpretasikan pada kategori mulai berkembang. Hal tersebut terlihat anak masih kebingungan dalam mengenal huruf abjad, angka, dan bentuk benda geometri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir simbolik anak melalui permainan sirkuit “cari aku” di kelompok B RA Persis 140 Garut; (2) kemampuan berpikir simbolik anak melalui permainan maze di kelompok B RA Persis 140 Garut; dan (3) perbandingan kemampuan berpikir simbolik anak antara permainan sirkuit “cari aku” dengan permainan maze di kelompok B RA Persis 140 Garut. Permainan sirkuit “cari aku” merupakan permainan yang dimodifikasi dari latihan sirkuit. Permainan sirkuit “cari aku” merupakan kegiatan yang terdiri atas beberapa bentuk latihan yang dilakukan dalam bentuk pos-pos yang telah diatur, pada permaina sirkuit “cari aku” terdapat tiga pos yang harus diselesaikan yaitu “cari angka”, “cari aku huruf”, dan “cari aku bentuk geometri”. Pada setiap pos permainan ini disajikan permainan angka, permainan huruf, dan permainan bentuk geomteri. Oleh karena itu, dengan permainan sirkuit “cari aku” anak dapat mengenalkan angka, huruf, dan bentuk benda, sebab mengenal angka dan huruf merupakan tahap awal dalam pelajaran membaca, menulis dan berhitung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan " Cari Aku"; Kemampuan Berpikir Simbolik; Anak Usia Dini |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Human Physiology > Child Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Nita Nita Tania |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 07:51 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63871 |
Actions (login required)
View Item |