Nurhidayatin, Dian (2018) Model pembelaaran Van Hiele untuk meningkatkan koneksi matematis siswa pada materi geometri:Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa SMPN 3 Cileunyi Kelas IX. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas IX-D dan IX-E. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal koneksi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas model pembelajaran Van Hiele terdapat peningkatan menjadi sangat baik; (b) Tidak terdapat perbedaan peningkatan koneksi matematis kelas model pembelajaran Van Hiele dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Kemampuan Awal Geometri (KAG) kategori tinggi, sedang, maupun rendah; (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa antara model pembelajaran Van Hiele dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai posttest dari kedua kelas yang dianalisis menggunakan uji statistic yaitu normalitas dan homogenitas serta uji t keputusan yang diperoleh adalah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koneksi matematis; model pembelajaran Van Hiele; sikap siswa |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dian Nurhidayatin |
Date Deposited: | 23 Feb 2018 09:28 |
Last Modified: | 23 Feb 2018 09:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6392 |
Actions (login required)
View Item |