Penerapan model pembelajaran Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada Materi Fluida Statis

Wibowo, Tungki Ari (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada Materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan langkah penyelesaian yang sistematis. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi masih rendah dan harus ditingkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem solving laboratory untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI RPL 4 yang berjumlah 27 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 82,33% dan aktivitas peserta didik 76,56% termasuk pada kategori baik. Skor rata-rata lembar kegiatan peserta didik diperoleh 65,82 termasuk kategori cukup. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik diperoleh N-gain rata-rata 0,74 termasuk pada kategori tinggi dengan N-gain rata-rata pretest 7,07 dan N-gain rata-rata posttest 57,00. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh thitung (62,95) > ttabel (2,056) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model Problem Solving Laboratory dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Laboratory; keterampilan pemecahan masalah; fluida statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:10
Last Modified: 23 Feb 2018 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item