Implementasi metode tahfizh Al–Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur

Pesha, Indry Nirma Yunizul (2022) Implementasi metode tahfizh Al–Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Al-Fatihah merupakan rukun shalat dan bagian dari Al-Qur’an maka betapa pentingnya menghafal Al-Qur’an bagi seorang muslim, menghafal Al-Qur’an dengan cepat diperlukan metode Tahfizh Al-Qur’an yang tepat, oleh karena itu, metode menghafal Al-Qur’an berperan penting dalam proses menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi : a. Perencanaan, b. Implementasi, c. Evaluasi, d. Faktor Pendukung dan Penghambat, e. Keberhasilan metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an mereka di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur. Penelitian ini berdasarkan pada kerangka berfikir bahwa : implementasi Metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi sebagai upaya cepat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap pendidik, peserta didik dan karyawan dll. dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama perencanaan metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur meliputi ; proses seleksi menuju Tahfizh Al-Qur’an, Pembagian Tugas Mengajar kepada ustadz ustadzah, Pembagian jadwal setor hafalan Al-Qur’an, Kedua implementasi metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur yaitu ; Bin Nazhar, Tahfizh Al-Qur’an, Talaqqi, Tasmi, dann Takrir. Ketiga Evaluasi metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur dalam bentuk ; Evaluasi penempatan (placement), Evaluasi harian formatif, Evaluasi akhir sumatif. Keempat : Faktor Pendukung dan penghambat metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur meliputi ; Faktor internal dan eksternal. Kelima : Keberhasilan metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi’ dan Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an mereka di MTs Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding school Cianjur meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Metode Tahfizh Al–Qur’an Tasmi’; Talaqqi; Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:29
Last Modified: 16 Feb 2023 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64005

Actions (login required)

View Item View Item