Pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantu nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel

Saputri, Leny (2022) Pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantu nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Materi sistem ekskresi manusia dengan objek bahasan berupa struktur dan fungsi sistem, gangguan fungsi, dan upaya penjagaan kesehatan menuntut siswa untuk memiliki kemampuan analisis tajam, kajian teori, mengingat konten, dan pemahaman konsep dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantu nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan berbentuk Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. XI MIPA 1 (kelas kontrol) dan XI MIPA 2 (kelas eksperimen) dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes uraian berpikir kritis, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 94% dan aktivitas siswa sebesar 97%, dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model POGIL berbantu nearpod menghasilkan nilai rata-rata pretest 52 dan posttest 80 dengan nilai N-gain sebesar 0,57 tergolong kategori sedang. Pada kelas kontrol menghasilkan nilai ratarata pretest 51 dan posttest 70 dengan nilai N-gain sebesar 0,40 tergolong kategori sedang. Hasil uji-t menunjukan nilai signifikansi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, dengan thitung 3,973 > ttabel 1,701, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model POGIL berbantu nearpod berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); Sel.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Leny Saputri
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:22
Last Modified: 23 Feb 2023 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64284

Actions (login required)

View Item View Item