Strategi Ayobandung.com untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Citizen Journalism : Studi kualitatif pada Rubrik Netizen

Firdaus, Muhammad Arif (2022) Strategi Ayobandung.com untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Citizen Journalism : Studi kualitatif pada Rubrik Netizen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya dalam ranah jurnalistik memberikan kemudahan dalam berkomunikasi tak terkecuali pers yang memiliki peran penting dalam penyebaran pemberitaan memberikan perkembangan dalam kebebasan berpendapat. Dengan adanya perkembangan teknologi media digital, menjadi babak awal dari munculnya sebuah istilah baru yaitu “new media”. Dan juga rubrik Netizen pada Ayobandung.com mempunyai ciri khas yaitu mengangkat sejarah, kebudayaan dan seniman yang ada di Kota Bandung. Penulis ingin mengetahui bagaimana peranan rubrik Netizen pada media Ayobandung.com sebagai penyedia ruang partisipasi untuk masyarakat atau Citizen Journalism. Tujuan studi terkait ini untuk mengetahui mulai dari bagaimana perencanaan dan pelaksanaan yang ditentukan oleh Ayobandung.com untuk rubrik Netizen. Serta bagaimana kriteria berita yang layak di muat dalam rubrik netizen pada media Ayobandung.com. Teori yang menjadi landasan dalam studi terkait ini menggunaka teori Budaya Partisipasi (Participatory Culture) yang di kemukakan oleh Henry Jenkins. Teori ini berusaha untuk menguraikan cara-cara budaya media baru menawarkan kepada publik untuk secara bersama-sama mengambil peran sebagai konsumen dan produsen media sekaligus. Teori budaya media partisipatoris dianggap sangat relevan dalam studi terkait, menjadi alat untuk menulusuri para partisipan masyakat dalam kegiatan citizen journalism di kanal berita ayobandung.com dalam perencaaan, pelaksanaan, dan kriteria jenis berita yang dikirim oleh masyarakat. Metode yang di gunakan dalam studi terkait ini adalah Studi Kasus (Case Study) dengan pendekatan kualitatif. Metode studi kasus dipilih karena fokus masalah yang diteliti adalah terkait lembaga media massa serta perenannya sebagai pelantara dalam penyebaran informasi yang di dapat dari para netizen. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan Hasil Studi terkait, Perencanaan citizen journalism pada Ayobandung.com dalam rubrik Netizen dibuat melalui tahapan redaksi dengan melakukan rapat redaksi dengan diskusi antara pemimpin redaksi, asissten redaktur dan editor yang berkaitan untuk menghasilkan berita yang bisa menarik minat masyarakat dan Pelaksanaan Citizen Journalism pada Ayobandung.com dalam rubrik Netizen yaitu dengan memberikan rambu-rambu pada penulisan berita. Serta Kriteria informasi atau berita Citizen Journalism yang dimuat pada rubrik Netizen merupakan berita yang memenuhi kriteria dari Ayobandung.com yaitu berita mengenai seputar sejarah, peristiwa dan keunikan yang ada di Kota Bandung dan juga informasi mengenasi isu nasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Teori budaya partisipasi; partisipasi masyarakat;
Subjects: Education, Research
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Arif Firdaus
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:08
Last Modified: 06 Feb 2023 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64308

Actions (login required)

View Item View Item