Objektivitas pemberitaan konflik pada portal berita online : Analisis Framing berita konflik Agraria di Desa Wadas pada Kompas.com dan Solopos.com, edisi 9-11 februari 2022

Najib, Agil Mohammad Gilman (2022) Objektivitas pemberitaan konflik pada portal berita online : Analisis Framing berita konflik Agraria di Desa Wadas pada Kompas.com dan Solopos.com, edisi 9-11 februari 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan atau informasi yang disampaikan oleh media terkadang berupa materi yang mengandung kepentingan ekonomi dan politik kelompok tertentu. Kepentingan kelompok tersebut yang dapat mempengaruhi objektivitas atau keberpihakkan peliputan berita. Berdasarkan fenomena tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah objektivitas yang dilakukan oleh media melalui framing yang dibentuk terhadap konflik agraria di Desa Wadas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui objektivitas pemberitaan konflik pada Kompas.com dan Solopos.com melalui analisis framing media tersebut dalam mengonstruksi pemberitaan konflik agraria di Desa Wadas. Penelitian ini pun bertujuan untuk membandingkan objektivitas yang dilakukan oleh kedua media online tersebut. Penelitian ini juga berdasarkan pada teori kontruksi realitas sosial media massa yang berasal dari teori konstruksi realitas sosial yang dicetuskan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Teori ini relevan untuk diaplikasikan karena berhubungan dengan pembingkaian dan proses konstruksi dalam pemberitaan. Metode yang digunakan adalah metode analisis framing model Zhondang Pan Gerald M. Kosicki, mereka mendefinisikan framing sebagai model analisis yang ditujukan guna melihat realitas dari balik wacana media massa, serta sebagai seni yang memberikan kesimpulan berbeda. Pan dan Kosicki membagi cara untuk media mengonstruksikan fakta yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Objektivitas dalam pemberitaan konflik agraria di Desa Wadas di Kompas.com menunjukkan bahwa wartawan sudah menyajikan berita sesuai dengan fakta, menuliskan berita bersumber dari pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan kejadian dan menyajikan sumber berita yang berimbang. Kata dan kalimat yang digunakan tidak menuliskan keberpihakkan terhadap salah satu kubu. (2) Objektivitas dalam pemberitaan pemberitaan konflik di Desa Wadas Solopos.com menunjukkan bahwa wartawan sudah menuliskan fakta sesuai dengan pernyataan sumber, namun wartawan lebih banyak menyajikan keberpihakkan terhadap pihak Desa Wadas. (3) Perbandingan kedua media online ini yaitu Kompas.com lebih melihat keberpihakkan terhadap kepentingan umum sedangkan Solopos.com lebih menunjukkan keberpihakannya terhadap masyarakat Desa Wadas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; Konstruksi; Analisis framing; Konflik Agraria; Desa Wadas
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Agil Mohammad Gilman Najib
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:38
Last Modified: 07 Feb 2023 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64328

Actions (login required)

View Item View Item