Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMAN 1 Cikarang Selatan

Safitri, Annis (2016) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMAN 1 Cikarang Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar pada mata pelajaran Biologi memerlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa didalamnya. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran yaitu model Contektual Teaching And Learning merupakan salah satu alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan dan tanpa menggunakan model Contektual Teaching And Learning dan mengetahui pengaruh penggunaan model Contektual Teaching And Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan claster sampling. Penelitian dilaksanakan d ikelas X SMAN 1 Cikarang Selatan sebanyak 82 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran pada siswa menggunakan model Contektual Teaching And Learning adalah 78 % (baik). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa menggunakan model Contektual Teaching And Learning rata-rata N-Gain sebesar 0.45 (sedang), peningkatan pembelajaran tanpa menggunakan model Contektual Teaching And Learning rata-rata N-Gain sebesar 0.17 (rendah). Hasil uji “t” diperoleh thitung 2.94 < Ztabel 2.09 pada taraf signifikan 1%, maka H0 ditolak (H1 diterima). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contektual Teaching And Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Contektual Teaching And Learning diperolah nilai rata-rata sebesar 3.70 (Tinggi ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Contektual Teaching and Learning; Literasi Sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:08
Last Modified: 13 Feb 2023 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64471

Actions (login required)

View Item View Item