Penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 2 Kota Sukabumi

Ferdian AS, Muhammad (2022) Penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 2 Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa guru PAI masih menerapkan metode konvensional. Hal ini diasumsikan sebagai faktor siswa merasa ada kejenuhan dalam belajar, dari kejenuhan siswa ini tentu hasil belajar yang diperoleh siswa pun menjadi kurang maksimal. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa memiliki kesadaran dan semangat belajar. Peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran snowball throwing yang diasumsikan dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan metode snowball throwing dalam pembelajaran PAI pada siswa SMAN 2 Kota Sukabumi. 2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode snowball throwing dan metode konvensional di SMAN 2 Kota Sukabumi. Berdasarkan teori yang ada bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif yaitu metode pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran PAI yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Peneliti menggunakan metode pembelajaran ini karena guru mudah memonitor, kecenderungan belajar siswa menjadi lebih bermakna, lebih berorientasi pada keaktifan dan membantu meningkatkan minat dan hasil belajar. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. 2) Responden 47 orang siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Kota Sukabumi. 3) Alat pengumpulan data: Observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode snowball throwing pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Kota Sukabumi berdasarkan dua kali lembar observasi guru dan siswa mendapatkan kenaikan persentase, pada lembar observasi guru yang awalnya 83% menjadi 87% dengan rata-rata hasil observasi guru 85% dengan kategori sangat baik dan lembar observasi siswa yang awalnya 77% menjadi 91% dengan rata-rata hasil observasi siswa 84% dengan kategori sangat baik. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode snowball throwing dan metode konvensional di SMAN 2 kota sukabumi didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 78,40 untuk kelas eksperimen dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 68,20 dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 90,68 untuk kelas eksperimen dengan kategori sangat baik dan 77,20 untuk kelas kontrol dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing; Hasil Belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ferdian AS
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:05
Last Modified: 15 Feb 2023 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64509

Actions (login required)

View Item View Item