Kapabilitas Women Studies Centre dalam pencegahan kekerasan seksual melalui Instagram: Penelitian di UKM WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mulya, Masadji Sukma (2022) Kapabilitas Women Studies Centre dalam pencegahan kekerasan seksual melalui Instagram: Penelitian di UKM WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kerja WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam pencegahan kekerasan seksual. Lalu tindakan yang dilakukan oleh WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam pencegahan kekerasan seksual di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Berikutnya juga faktor pendorong dan penghambat dalam pencegahan kekerasan seksual di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Serta cara pemanfaatan Instagram oleh WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam pencegahan kekerasan seksual. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Feminisme dari Tokoh Jessie Bernard. Adanya kesamaan hak-hak dalam kehidupan tanpa adanya ketertindasan atau ketimpangan terhadap salah satu gender. Teori tersebut bertujuan dalam memperjuangkan kesamaan secara de facto dan de jure secara utuh tanpa adanya pembiasan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai Kapabilitas Women Studies Centre dalam Pencegahan Kekerasan Seksual melalui Instagram di UKM WSC UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ada 2 sumber data dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diawali observasi terhadap fenomena yang terjadi dan wawancara pengurus WSC UIN Bandung. Sumber data Sekunder berupa media sosial Instagram WSC dan buku-buku tentang sosiologi gender. Penelitian ini menggunakan 3 Teknik Pengumpulan Data yaitu observasi non partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik Analisa Data yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu program kerja dari Women Studies Centre sepert kajian dan juga menyelenggarakan kegiatan hari keperempuanan seperti 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP). Tindakan yang dilakukan dalam pencegahan kekerasan seksual adanya pembuatan konten kajian dan pamflet pada Instagram serta melakukan diskusi gender. Faktor pendorong dan penghambat kekerasan seksual adalah kurangnya atensi kajian dan aturan mengenai kekerasan seksual serta perlunya kerjasama yang dibangun dengan lembaga seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Cara memanfaatkan Instagram oleh WSC dalam pencegahan kekerasan seksual yaitu dengan mengunggah flyer tentang gender dan melakukan live Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Feminisme; Gender; Kekerasan Seksual
Subjects: Culture and Institutions > Sexual Sociology
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Masadji Sukma Mulya
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:02
Last Modified: 20 Feb 2023 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64526

Actions (login required)

View Item View Item