Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah : Studi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palembang Sumatera Selatan

Pratama, Irja Putra (2023) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah : Studi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palembang Sumatera Selatan. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang berkembang terkait usaha kementerian agama RI yang serius mengarahkan output madrasah yakni peserta didik yang mempunyai karakter moderat. Keseriusan tersebut berdampak pada usaha madrasah yang turut berupaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didiknya. Permasalahan pada penelitian ini meliputi tujuan, program, proses, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil atau dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada Madrasah. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi dan menganalisis tujuan, program, proses, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil atau dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada Madrasah Aliyah Negeri 3 dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palembang Sumatera Selatan. Penelitian menggunakan teori internalisasi nilai yang memiliki tahapan transformasi, transaksi, dan transinternalisasi dengan menggunakan metode pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian, dan penegakan aturan. Sedangkan nilai moderasi beragama penelitian ini mengunakan konsep nilai moderasi yang ditawarkan kementerian Agama RI yang meliputi: kemanusiaan, kemaslahatan umum, adil, berimbang, taat konstitusi, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, penghormatan kepada tradisi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data memakai teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada Madrsah Aliyah Negeri 3 dan Madrasah Aliyah Negeri 1 kota Palembang Sumatera Selatan menunjukan bahwa: pertama, tujuan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada kedua madrasah yaitu terbentuknya peserta didik yang mempunyai nilai moderat seperti nilai kemanusiaan, kemaslahatan umum, adil, berimbang, taat konstitusi, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, penghormatan kepada tradisi; kedua, program pada kedua madrasah meliputi: integrasi pada budaya madrasah, integrasi pada rumpun mata pelajaran PAI, integrasi pada kegiatan ekstrakurikuler, dan integrasi pada kegiatan di asrama; ketiga proses pada kedua madrasah meliputi: 1) transformasi nilai melalui budaya di madrasah, melalui rumpun mata pelajaran PAI, melalui kegiatan esktrakurikuler dan kegiatan di asrama; 2) transaksi nilai melalui pengajaran dan pembiasaan; 3) transinternalisasi nilai melalui peneladanan, pemotivasian, dan penegak aturan; keempat, Faktor pendukung meliputi: dukungan kepala madrasah, guru, kompetensi pembina, ketersediaan sarana prasarana, kegiatan asrama, program pemerintah dan partisipasi orang tua, sedangkan faktor penghambat meliputi: kualitas komunikasi antar manajemen, pembina dan pengurus ekstrakurikuler dan asrama yang belum intens, Jadwal yang padat, kurang konsistennya pembina dan guru PAI, persepsi siswa dan guru terhadap moderasi beragama, dan media sosial. kelima, hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada kedua madrasah meliputi: peserta didik memahami nilai-nilai moderasi beragama (pengetahuan moral); terdapat perasaan moderat dalam diri peserta didik (perasaan moral) dan terdapat perbuatan yang moderat yang di aplikasikan oleh peserta didik (perbuatan moral)

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai-nilai Moderasi Beragama; Madrasah
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Irja Putra Pratama
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:10
Last Modified: 16 Feb 2023 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64540

Actions (login required)

View Item View Item