Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) : Penelitian quasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 2 Baleendah

Ambarawati, Kentik Sri (2016) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) : Penelitian quasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 2 Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran ATI yaitu model pembelajaran yang berusaha mencari dan menemukan perlakuan-perlakuan yang cocok dengan perbedaan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI, (b) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran ATI, (c) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (d) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sebelum dan sesudah memperoleh model pembelajaran ATI dengan pembelajaran konvensional secara keseluruhan berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang, dan rendah, (e) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang memperoleh model pembelajaran ATI. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian sebagai berikut : (a) aktifitas siswa dan aktifitas guru pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran ATI terlaksana dengan baik dan sesuai dengan aspek yang tertera pada lembar observasi. (b) kemampuan pemecahan masalah matematik pada kelas eksperimen meningkat dengan kategori sedang. (c) kemampuan pemecahan masalah matematik pada kelas kontrol meningkat dengan kategori rendah. (d) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sebelum dan sesudah memperoleh model pembelajaran ATI dengan konvensional secara keseluruhan berdasarkan tingkat PAM yang kategorinya tinggi, sedang, rendah yang memberi pengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran. (e) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ATI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematik; Aptitude Treatment Interaction; ATI
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:05
Last Modified: 22 Feb 2023 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64669

Actions (login required)

View Item View Item