Pelaksanaan ganti rugi terhadap konsumen atas Perumahan Mangkrak dihubungkan dengan pasal 4 undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Perumahan Palm Hill Abdi Residence Kota Bogor

Lestari, Rahayu Budi (2023) Pelaksanaan ganti rugi terhadap konsumen atas Perumahan Mangkrak dihubungkan dengan pasal 4 undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Perumahan Palm Hill Abdi Residence Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tindakan wanprestasi developer yang tidak melaksanakan perjanjian jual beli dan tidak bertanggungjawab dalam memberikan ganti rugi sehingga berdampak banyak pada beberapa konsumen karena tidak adanya pelaksanaan ganti rugi. Hal ini disebabkan karena terdapat beberapa faktor yang membuat developer tidak mampu melanjutkan pembangunan yakni developer tidak mampu untuk membayar sebagian tanah kepada penyedia tanah sampai waktu yang ditentukan. Perbuatan tersebut membuat developer tidak mampu memenuhi tuntutan konsumen dalam memberikan ganti rugi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan ganti rugi yang dapat dilakukan oleh konsumen Palm Hill Abdi Residence berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, kendala yang terjadi dalam pelaksanaan ganti rugi terkait perumahan mangkrak dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen. Penelitian ini menggunakan teori perlindungan hukum, dimana teori ini memberikan pengayoman kepada hak-hak konsumen yang dirugikan pelaku usaha dimana hak-hak konsumen dalam memperoleh informasi yang jelas, benar jujur mengenai kondisi jaminan barang dan mendapatkan ganti rugi sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 huruf c dan h UUPK. Metode penelitian pendekatan yuridis-empiris dengan metode penelitiannya yaitu kualitatif-deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder, dan dalam pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa pelaksanaan ganti rugi terhadap konsumen terkait perumahan mangkrak berdasarkan Pasal 4 UUPK belum dilaksanakan pihak pelaku usaha sebagaimana mestinya, kendala yang dihadapi diantaranya perbedaan kepentingan antara pelaku usaha dan konsumen, pengetahuan konsumen yang masih rendah, pelaku usaha tidak bertanggungjawab atas informasi yang diberikan, terbatasnya anggaran BPSK Kota Bogor dari Pemeintah Provinsi. Upaya membuka layanan pengaduan dan konsultasi secara online melalui media sosial, melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat setiap memperingati Harkonas (Hari Konsumen Nasional), menggunakan anggaran dana dari Pemerintah Provinsi secara optimal dan sebagian dari uang kas Lembaga, meningkatkan koordinasi antar pihak dalam hal ini seperti Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Ganti Rugi; Tanggung Jawab; Perlindungan Hukum
Subjects: Private Law > Contracts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Rahayu Budi Lestari
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:09
Last Modified: 23 Feb 2023 06:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64711

Actions (login required)

View Item View Item