Manajemen strategik dalam meningkatkan daya saing Madrasah Aliyah melalui pendidikan karakter siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat

Mutmainah, Nur Afifah (2023) Manajemen strategik dalam meningkatkan daya saing Madrasah Aliyah melalui pendidikan karakter siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dilapangan yang mengharuskan adanya karakter yang bisa mengimbangi perkembangan zaman yang semakin tidak menentu yang merusak generasi bangsa. Program pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam program pembelajaran dan pembiasaan yang dilaksanakan oleh beberapa MA di Bandung Barat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat, direncanakan oleh beberapa MA untuk meningkatkan daya saing madrasahnya, agar tetap memiliki eksistensi dan kualitas yang baik dalam pandangan masyarakat luas. Pendidikan karakter yang ada harus tersusun sedemikian rupa dengan didukung manajemen strategik yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi manajemen strategik dalam meningkatkan daya saing madrasah melalui pendidikan karakter. Proses penelitiannya mengikuti rumusan masalah yang telah disusun sesuai dengan teori yang ada. Hal tersebut meliputi konsep manajemen strategik Madrasah, proses manajemen strategik, pendidikan karakter dan daya saing sebagai hasil dari manajemen strategik melalui pendidikan karakter. Manajemen strategik adalah ilmu yang digunakan untuk merumuskan, melaksanakan dan mengevalusi keputusan-keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya di masa yang akan datang. Daya saing adalah keunggulan Madrasah yang diperoleh melalui tawaran nilai yang lebih besar kepada konsumen dengan tawaran harga yang lebih rendah. Sedangkan pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntutan kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang berkarakter dalam hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep manajemen strategik di MAN Bandung Barat telah berjalan sesuai dengan teori yang berlaku tentang manajemen strategik. Proses manajemen strategik dilaksanakan secara sistematis sesuai dengan tahapannya. Pendidikan karakter di MAN di laksanakan dalam berbagai program kegiatan madrasah, pengajarannya dilakukan dengan diintegrasikan dalam pembelajaran, ekstrakurikuler dan program khusus dari bimbingan konseling. Adapun pengelolaan sumber daya dalam mengelola pendidikan karakter disesuaikan dengan kompetensi dan kebutuhan program. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen strategik yang dilaksanakan melalui pendidikan karakter di MAN Bandung Barat dapat meningkatkan daya saing Madrasah Aliyah. Hal ini ditunjukan dengan tercapainya faktor-faktor pendukung peningkatan daya saing seperti kualitas guru yang terpenuhi, kualitas siswa yang mampu membudayakan pendidikan karakter, kepemimpinan kepala madrasah yang mendominasi pimpinan madrasah lain dan minat masyarakat yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Karakter; Daya Saing;
Subjects: Education, Research
Islam Umum
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Afifah Mutmainah
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:48
Last Modified: 28 Feb 2023 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64866

Actions (login required)

View Item View Item