Strategi Cyber Public Relations dalam meningkatkan citra polisi melalui twitter : Studi deskriptif pada akun twitter @humaspoldajbr

Maulidzi, Naufal Rifqi (2022) Strategi Cyber Public Relations dalam meningkatkan citra polisi melalui twitter : Studi deskriptif pada akun twitter @humaspoldajbr. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan menggunakan media teknologi yaitu internet yang menjadi sarana dalam melakukan penyebaran informasi Cyber Public Relations terkait organisasi instansi maupun perusahaan. Adapun Cyber Public Relations yang dijalankan oleh Humas Polda Jabar menggunakan Sub Bidang Multimedia dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan polri yang dilakukan di wilayah Polda Jabar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui yang dilakukan Humas Polda Jabar dengan strategi Cyber Public Relations dalam meningkatkan citra melalui Twitter pada akun @humaspoldajbr dengan berlandaskan pada konsep yang disebut ROPE yaitu Research, Objectives, Programming, Evaluation yang dikemukakan oleh Ronald D. Smith. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan juga menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder yang didapat menggunakan teknik pengumpulan data yang dimana diantaranya didapatkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi Cyber Public Relations yang dilakukan Humas Polda Jabar melewati Sub Bidang Multimedia untuk dapat meningkatkan citra melalui Twitter @humaspoldajbr cocok dengan konsep ROPE yaitu tahap pertama mencari dan menganalisa situasi yang dihadapi atau riset formatif. Tahap kedua mencapai semua yang diinginkan melalui beberapa strategi komunikasi efektif yang dapat dilalui dengan adanya pemrogaram dan pengkalsifikasian dari pimpinan. Tahap ketiga yaitu tahap pelaksanaan komunikasi dengan membuat konten serta pengelolaan akun Twitter dengan adanya jadwal posting dan pemilihan informasi. Tahap keempat Humas Polda Jabar melakukan pengukuran data berupa evaluasi bulanan dengan Kabid Humas, Evaluasi per tiga bulan Bersama Kapolda Jabar dan rapat berkala Humas Polda Jabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: citra; cyber public relations; twitter
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Naufal Rifqi Maulidzi
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:20
Last Modified: 02 Mar 2023 05:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64987

Actions (login required)

View Item View Item