Penerapan strategi pembelajaran Circuit Learning pada Mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan pemahaman siswa Sub Materi Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT

Atilah, Muti (2017) Penerapan strategi pembelajaran Circuit Learning pada Mata Pelajaran PAI untuk meningkatkan pemahaman siswa Sub Materi Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Peranan Pendidikan Agama Islam di sekolah dimaksudkan untuk mempelajari berbagai masalah dalam agama Islam. Maju mundurnya suatu pendidikan agama menunjukan perkembangan kehidupan manusia, agar dapat mengetahui dan menambah wawasan tentang pendidikan agama Islam pada saat ini dan selanjutnya serta menjadi motivasi dari suati peristiwa yang berharga untuk menjadi sebuah sumber inspirasi. Namun dalam pembelajaran PAI kelas VII A SMP Negeri 46 Bandung ditemukan beberapa permasalahan di antaranya yaitu rendahnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI, padalahal terdapat inovasi-inovasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran Circuit learning pada mata pelajaran PAI sub materi Iman kepada Malaikat-malaikat Allah Swt. Dan untuk memastikan adanya peningkatan pemahaman siswa setelah diterpakannya strategi pembelajaran circuit learning. Untuk mencapai pemahaman yang maksimal, maka diperlukan suatu kondisi belajar yang aktif dan melibatkan partisipasi seluruh siswa. Hal ini dapat terwujud dengan menerapkan strategi pembelajaran circuit learning, karena strategi ini dapat memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap anggota kelompok untuk berpendapat dan saling memberikan informasi. Dalam penelitian ini pelulis mengajukan hipotesis bahwa penerapan strategi pembelajaran circuit learning dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal pilihan ganda, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan pre test dan post test pada setiap siklus. Dari hasil penelitian analisis data yang diperoleh dari instrumen penelitian, ketuntasan belajar siswa dari setiap siklus mengalami peningkatan pada prasiklus yaitu 35%, meningkat pada siklus 1 menjadi 70%, meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 95%. Sementara nilai rata-rata tes pada prasiklus adalah 66, pada siklus I adalah 74, meningkat pada siklus II menjadi 81, dan pada siklus III meningkat menjadi 84. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat diketahui bahwa dengan menggunkan strategi pembelajaran circuit learning pemahaman siswa terhadap sub materi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Model Pembelajaran Sircuit Learning; Sircuit Learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muti atilah
Date Deposited: 02 Mar 2018 09:11
Last Modified: 02 Mar 2018 09:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item