Pengembangan LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis

Irsyad, Akmal Padlil (2023) Pengembangan LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis terhadap LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me dalam proses pembelajaran pada materi fluida statis. Metode penelitian menggunakan pendekatan Design and Development (R&D) dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Subang dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar kerja peserta didik, dan tes uraian keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain, dan uji t paired sample test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis dengan persentase sebesar 84%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis dikategorikan sangat efektif dengan persentase yang sebesar 85,94%, dan (3) Penggunaan LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,65 dan nilai signifikasi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 30,26 sehingga thitung>ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan LKPD digital berbantu aplikasi Wizer.me.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fluida Statis; Keterampilan Berpikir kritis; LKPD Digital;
Subjects: Specific Field of Public Administration > Departments of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Akmal Padlil Irsyad
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:21
Last Modified: 03 Mar 2023 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65091

Actions (login required)

View Item View Item