Strategi pelayanan sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia: Penelitian di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi

Saqinah, Anisa Ruli (2023) Strategi pelayanan sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia: Penelitian di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni berawal dari sebuah permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat, khususnya pada masyarakat kota yaitu maraknya lansia yang terlantar. Bergesernya nilai dari keluarga seperti menganggap bahwasanya lansia hanya menambah beban keluarga sehingga hilangnya rasa hormat terhadap lansia sehingga dengan mudah keluarganya menelantarkan anggota keluarganya yang sudah lansia. Selain faktor-faktor di atas persoalan kemiskinan yang juga dapat menjadi penyebab terlantarnya para kaum lansia ini. Oleh sebab itu dengan adanya kondisi tersebut maka diperlukan langkah-langkah preventif maupun reprsif guna menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan sosial di Sentra Terpadu Pangudi Luhur dalam meningkatkan kesejahteraan lansia, untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat strategi pelayanan sosial Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi dalam mencapai kesejahteraan lansia, dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari strategi pelayanan sosial Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi bagi kaum lansia. Landasan teori yang di gunakan pada penelitian ini yaitu teori struktural fungsional. Teori memiliki konsep utama yaitu konsep fungsi dan disfungsi. Teori tersebut di gunakan sebagai kerangka pemikiran dalam memandang fenomena yang terjadi pada tempat penelitian khususnya mengenai strategi pelayanan sosial klien lansia di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan atau dokumentasi. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai antara lain: Strategi pelayanan sosial yang dilakukan oleh Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi melalui tujuh komponen asistensi rehabilitasi sosial. Adapun faktor penghambat strategi pelayanan sosial yakni individu, keterbatasan tenaga care giver dan kurangnya pemahaman pekerja sosial mengenai multi layanan. Sedangkan faktor pendukungnya yakni anggaran keuangan, sarana dan prasarana yang memadai, dan aksesibilitas. Dan hasil dari strategi pelayanan sosial membuat lansia terpenuhi kebutuhannya serta tumbuh kemandirian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi;Pelayanan Sosial;Lansia
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Anisa Ruli Saqinah
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:27
Last Modified: 03 Mar 2023 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65137

Actions (login required)

View Item View Item