Penerapan metode Peer Assisted Learning (PAL) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis kelas V MI Al-Mujahidin Purwakarta

Hasanah, Nisa Uswatun (2023) Penerapan metode Peer Assisted Learning (PAL) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis kelas V MI Al-Mujahidin Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah hasil belajar praktik membaca Al-Qur’an siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan masih dengan metode konvensional. Tujuan dari pelaksanaannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar praktik membaca Al-Qur’an jika pembelajarannya menggunakan metode peer assisted learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Al-Mujahidin Purwakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang dilaksanakan dan setiap siklusnya berisi dua tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode peer assisted learning dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Metode peer assisted learning dapat meningkatkan aktivitas guru dengan baik. Pada siklus I tindakan I observasi aktivitas guru memperoleh persentase 68,4% dengan predikat cukup dan meningkat pada siklus I tindakan II menjadi 78,9% dengan predikat baik. Sedangkan pada siklus II tindakan I observasi aktivitas guru mencapai persentase sebesar 89,4% dengan predikat sangat baik dan pada tindakan terakhir yaitu siklus II tindakan II meningkat menjadi 100% dengan predikat sangat baik. Selain itu hasil belajar peserta didik juga meningkat yaitu siklus I tindakan I memperoleh nilai rata-rata 62,8 dengan persentase mencapai 33,3%%. Pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,8 dengan persentase mencapai 50%. Selanjutnya pada siklus II tindakan I mendapatkan hasil akhir nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase sebesar 72,2%. Dan terakhir siklus II tindakan II mencapai nilai rata-rata sebesar 81,8 dengan persentase 88,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peer Assisted Learning; hasil belajar; membaca Al-Qur'an
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Uswatun Hasanah
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:37
Last Modified: 06 Mar 2023 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65156

Actions (login required)

View Item View Item