Hasanah, Nisa Uswatun (2023) Penerapan metode Peer Assisted Learning (PAL) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis kelas V MI Al-Mujahidin Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah hasil belajar praktik membaca Al-Qur’an siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan masih dengan metode konvensional. Tujuan dari pelaksanaannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar praktik membaca Al-Qur’an jika pembelajarannya menggunakan metode peer assisted learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Al-Mujahidin Purwakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang dilaksanakan dan setiap siklusnya berisi dua tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode peer assisted learning dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Metode peer assisted learning dapat meningkatkan aktivitas guru dengan baik. Pada siklus I tindakan I observasi aktivitas guru memperoleh persentase 68,4% dengan predikat cukup dan meningkat pada siklus I tindakan II menjadi 78,9% dengan predikat baik. Sedangkan pada siklus II tindakan I observasi aktivitas guru mencapai persentase sebesar 89,4% dengan predikat sangat baik dan pada tindakan terakhir yaitu siklus II tindakan II meningkat menjadi 100% dengan predikat sangat baik. Selain itu hasil belajar peserta didik juga meningkat yaitu siklus I tindakan I memperoleh nilai rata-rata 62,8 dengan persentase mencapai 33,3%%. Pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,8 dengan persentase mencapai 50%. Selanjutnya pada siklus II tindakan I mendapatkan hasil akhir nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase sebesar 72,2%. Dan terakhir siklus II tindakan II mencapai nilai rata-rata sebesar 81,8 dengan persentase 88,8%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Assisted Learning; hasil belajar; membaca Al-Qur'an |
Subjects: | Education, Research Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nisa Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 01:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65156 |
Actions (login required)
View Item |