Pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap Self Regulated Learning dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Terpadu Al-Mu'min PPI 169 Paseh Kab.Bandung

Rahman, Aulya Fazrin (2022) Pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap Self Regulated Learning dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Terpadu Al-Mu'min PPI 169 Paseh Kab.Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran PAI di SMP Terpadu Al-Mu’min PPI 169 Paseh Kab. Bandung. Ditemukan permasalahan proses pembelajaran PAI tidak mencerminkan karakteristik pembelajaran PAI yang berperan penting dalam upaya penumbuhan kemandirian belajar dan pencapaian hasil belajar pada ketiga ranah kompetensi secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap Self Regulated Learning, serta terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Terpadu Al-Mu’min PPI 169 Paseh Kab. Bandung. Keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada ketiga ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotorik) sangat dipengaruhi oleh sejauh mana siswa belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, dan salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan adalah Project Based Learning. Untuk menciptakan pembelajaran aktif selain dipengaruhi faktor penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru, juga dipengaruhi oleh sejauh mana siswa dapat memiliki kemandirian dalam belajar (Self Regulated Learning). Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Posttest Only Design, diberikan perlakukan berupa pembelajaran dengan model Project Based Learning pada kelas eksperimen yang terdiri dari 32 orang siswa dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yang terdiri dari 35 siswa yang dipilih secara acak. Pengaruh perlakuan dilihat dari signifikansi perbedaan skor rata-rata hasil postest pada variabel Self Regulated Learning dan hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen tes, angket dan Product Assessment yang terlebih dahulu dilakukan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach alpha dengan menggunakan software SPSS 25.0. Uji prasyarat dilakukan terlebih dahulu berupa uji homoegenitas dengan Levene Statistic dan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnova dan Shapiro-Wilk. Adapun untuk Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Independent Samples t-test dan diperoleh hasil bahwa pada semua variabel yang diteliti memiliki nilai sig <0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada variabel self regulated learning, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dimana rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata skor kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap Self Regulated Learning dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. 2). Terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05. 3). Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05. 4). Terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar ranah Psikomotor nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Terpadu Al-Mu’min PPI 169 Paseh Kab.Bandung secara signifikan memberikan pengaruh yang positif pada self regulated learning, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa; Model Project Based Learning; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Self Regulated Learning;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulya Fazrin Rahman
Date Deposited: 06 Mar 2023 23:10
Last Modified: 06 Mar 2023 23:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65250

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item