Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berbasis Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didikpada materi usaha dan energi

Farhan, Muhammad (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berbasis Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didikpada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi. Metode penelitian menggunakan Desain dan Pengembangan (Design and Development) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X A SMA Plus Al-Furqon Cibiuk dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian keterampilan berpikir kritis dan lembar kerja peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain, dan uji t paired sampel test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Lembar kerja peserta didik digital dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi dengan persentase sebesar 81%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 97%, dan (3) Penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis flipped classroom dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata tinggi berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,81 dan nilai signifikasi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 22,51 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Digital; Flipped Classroom; Berpikir Kritis; Usaha; Energi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Farhan
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:25
Last Modified: 06 Mar 2023 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65301

Actions (login required)

View Item View Item