Farhan, Muhammad (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berbasis Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didikpada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi. Metode penelitian menggunakan Desain dan Pengembangan (Design and Development) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X A SMA Plus Al-Furqon Cibiuk dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian keterampilan berpikir kritis dan lembar kerja peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain, dan uji t paired sampel test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Lembar kerja peserta didik digital dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi dengan persentase sebesar 81%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 97%, dan (3) Penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis flipped classroom dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata tinggi berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,81 dan nilai signifikasi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 22,51 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan lembar kerja peserta didik digital berbasis flipped classroom.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Digital; Flipped Classroom; Berpikir Kritis; Usaha; Energi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Farhan |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 07:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65301 |
Actions (login required)
View Item |