Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis

Bilgisthi, Agisna (2023) Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman sekarang merupakan tanda munculnya abad perkembangan yang disebut dengan abad 21. Salah satu tujuan dari pendidikan abad 21 yaitu mendorong peserta didik memiliki keterampilan untuk tanggap terhadap perubahan yang cepat sejalan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan e-modul berbasis flipbook pada materi fluida dinamis yang layak disajikan sebagai media pembelajaran, mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis flipbook, dan mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan e-modul berbasis flipbook pada materi fluida dinamis. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan desain model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di MAN 1 Garut yang berjumlah 140 orang dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan e-modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan nilai kelayakan isi sebesar 86,25%, kelayakan penyajian sebesar 87,00%, dan kelayakan bahasa sebesar 85,71%. Sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,32% dengan interpretasi sangat valid. Keterlaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif dengan rata-rata persentase 83,9%. Peningkatan literasi sains berdasarkan nilai N-gain yaitu 0,77 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains peserta didik sesudah melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis flipbook pada materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul;flipbook;fluida dinamis;literasi sains
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Agisna Bilgisthi
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:44
Last Modified: 08 Mar 2023 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65463

Actions (login required)

View Item View Item