Objektivitas Pemberitaan media massa : Studi deskriptif mengenai pemberitaan politik pemilihan Presiden pada media online Kompas.com edisi 1-30 September 2022

Gunawan, Adi Agung (2023) Objektivitas Pemberitaan media massa : Studi deskriptif mengenai pemberitaan politik pemilihan Presiden pada media online Kompas.com edisi 1-30 September 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Berita tentang pemilihan Presiden Indonesia sudah marak dibicarakan dalam beberapa bulan terakhir, dikarenakan tahun 2024 sudah memasuki tahun demokrasi yang mana masyarakat Indonesia akan memilih presiden baru dan seringkali media menyebutnya dengan "Pesta Demokrasi”. Berita juga terkait dengan berbagai kepentingan. Media massa dituntut untuk objektif dalam menyampaikan beritanya. Media online Kompas.com adalah salah satu media yang menyampaikan berita Pilpres 2024. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti tentang Objektivitas Pemberitaan Media Online mengenai Pilpres 2024 pada media online Kompas.com. Tujuan penelitian ini, pertama untuk bagaimana faktualitas dalam pemberitaan politik mengenai pemilihan Presiden yang dimuat oleh media online Kompas.com, kedua untuk mengetahui bagaimana imparsialitas dalam pemberitaan politik mengenai pemilihan Presiden yang dimuat oleh media online Kompas.com Penelitian ini menggunakan model Westertahl untuk mengetahui prinsip Objektivitas pada media online Kompas.com dalam pemberitaan politik Pilpres edisi 1-30 Semptember 2024. Teori Objektivitas yang dikemukakan Westertahl dalam buku Denis McQuail bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip faktualitas dan imparsialitas (tidak berpihak). Penelitian ini menggunakan teori objektivitas yang dikemukakan oleh J. Westersthal yang menjelaskan tentang objektivitas mengacu pada dua unsur yaitu faktualitas dan inparsialitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian mengenai objektivitas pemberitaan media massa terkait berita pemilihan Presiden pada media online Kompas.com. Menghasilkan bahwa media online Kompas.com sudah memperhatikan aspek faktualitas pemberitaan. Sedangkan prinsip imparsialitas melalui aspek keseimbangan delapan dari Sembilan belas berita dan aspek netralitas satu dari sembilan belas berita media online Kompas.com tentang Pilpres 2024 terdapat kriteria yang tidak sesuai dengan kriteria pengukuran. Sesuai dengan skema landasan teoritis yang terdapat pada bab 1, suatu berita mengandung objektivitas bila memenuhi seluruh kriteria yang ada.   ENGLISH : News about the Indonesian presidential election has been widely discussed in the last few months, because 2024 has entered the year of democracy in which the Indonesian people will elect a new president and the media often calls it the "Democracy Party". News is also related to various interests. The mass media are required to be objective. Kompas.com online media is one of the media that conveys the news of the 2024 Presidential Election. In this study, the researcher examines the Objectivity of Online Media Reporting on the 2024 Presidential Election on Kompas.com online media. The purpose of this study, first is to find out how the facts are in political reporting about the presidential election published by the online media Kompas.com, second to find out how impartiality is in political reporting about the presidential election published by the online media Kompas.com. This study uses the Westertahl model to determine the principle of objectivity in the online media Kompas.com in the political reporting of the Presidential Election 1-30 September 2024 edition. The theory of objectivity put forward by Westertahl in Denis McQuail's book aims to determine the principles of factuality and impartiality (not taking sides). This study uses the theory of objectivity proposed by J. Westersthal which explains objectivity refers to two elements, namely factuality and impartiality. This study uses content analysis methods and qualitative approaches, data collection techniques are carried out through documentation studies and literature studies. The results of research on the objectivity of mass media coverage related to news on the Presidential election on the online media Kompas.com. Produces that the online media Kompas.com has paid attention to the factual aspects of the news. While the principle of impartiality through the balance aspect of eight of the nineteen news and the neutrality aspect of one of the nineteen online news media Kompas.com about the 2024 Presidential Election there are criteria that do not match the measurement criteria. In accordance with the theoretical basis scheme contained in chapter 1, a news item contains objectivity if it meets all the existing criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Politik; Pemilihan Presiden; Media Massa; Objektivitas; Media Online; Kompas.com
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political Process > Political Parties
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Adi Agung Gunawan
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:04
Last Modified: 08 Mar 2023 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65475

Actions (login required)

View Item View Item