Nurfadhlah, Adilla (2023) Pengembangan media pembelajaran PowerPoint menggunakan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan hasil belajar pada materi elastisitas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media PowerPoint, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan menerapkan media PowerPoint berbantuan program Visual Basic Application (VBA) menggunakan strategi penilaian Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS) pada materi Elastisitas di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Rancaekek dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-eksperimental dengan menerapkan desain one goup pretest posttest. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor pada SAS (Student Activity Sheet) yang sudah di isi oleh peserta didik, N-gain, dan uji t paired sample test. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan media PowerPoint untuk digunakan dilapangan yang di ukur oleh tiga validator yaitu ahli media, ahli materi dan guru fisika. Berdasarkan hasil dari ketiga validator tersebut memperoleh rata-rata persentase sebesar 80,4% dengan interpretasi sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran PowerPoint yang memperoleh rata-rata persentase keteraksanaan pembelajaran sebesar 83,4% dengan kategori efektif. Peningkatan hasil belajar kognitif memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,80 dengan interpretasi dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (paired sample t-test) yang mendeskripsikan nilai t_hitung (25,1) > t_tabel (2,03) yang secara signifikan meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran PowerPoint pada materi elastisitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elastisitas; Hasil Belajar Kognitif; Penilaian AABTLT with SAS; PowerPoint |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Adilla Nurfadhlah |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 00:58 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 00:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65507 |
Actions (login required)
View Item |