Nurhana, Rizqiah (2023) Representasi da'i pada media sosial: Studi kasus tentang kredibilitas da'i pada akun Tiktok @Yudhidarmawan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Memperhatikan kredibilitas da’i ini penting sekali, karena semakin kredibel seorang da’i maka akan semakin mudah juga dakwah yang akan diterima dan tujuan dakwah terlaksana dengan baik. Dan sebaliknya semakin rendah kredbilitas da’i maka akan sulit diterima pesan dakwahnya bahkan tak jarang banyak yang menolaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen kredibilitas dapat ditemukan pada konten vidio dakwah yang telah dibuat oleh akun tiktok @Yudhidarmawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif memberikan gambaran dan melakukan pengamatan dari sebuah penelitian dengan cara mengumpulkan data atau informasi untuk memecahkan masalah berdasarkan data-data yang ada. Aristoteles mengatakan kredibilitas bisa diperoleh jika seorang komunikator (da’i) memenuhi tiga syarat untuk mempengaruhi khalayak (manusia), yaitu Ethos, Pathos, dan Loghos. Teori ini dijadikan sebagai landasan teori dalam penelitian penulis. Kredibilitas komunikator dalam hal ini da’i mempunyai gaya penyampain dakwah yang menarik perhatian audiens dikarenakan memiliki latar belakang sebagai seorang penyiar radio dimana ia mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Kemudian ditinjau dari penggunaan perasaan (emosional) jika kita lihat latar belakang ia didunia entertaint, Yudhi bisa membawa perasaan audiens dengan dinamika suara dan gaya retorika yang khas. Kredibilitas da’i yang ditampilkan pada akun Tiktok @yudhidarmawan ini masih dalam tahap pembelajaran dan terus berkembangan ke arah yang baik, dengan menggunakan trik atau caranya sendiri untuk terus menyampaikan pesan dakwah yang efektif ke audiens.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas; Da’i; Sosial Media; Akun Tiktok @yudhidarmawan; |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Administration of Economy > Administration of Communications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | - nurhana rizqiah |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:23 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65641 |
Actions (login required)
View Item |