Analisis Financial Distress menggunakan metode Altman z-score, Zmijewski, Grover, Springate, Ohlson, dan Zavgren untuk memprediksi terjadinya kebangkrutan pada Perusahaan Jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2021

Lababan, Wishal Azhar (2022) Analisis Financial Distress menggunakan metode Altman z-score, Zmijewski, Grover, Springate, Ohlson, dan Zavgren untuk memprediksi terjadinya kebangkrutan pada Perusahaan Jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini perusahaan transportasi mengalami penurunan omset, situasi ini merupakan dampak buruk dalam era globalisasi dan mengakibatkan perusahaan mengalami kondisi financial distress. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan perusahaan mengalami kebangkrutan. Terdapat berbagai macam metode untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan yaitu metode Altman, Zmijewski, Grover, Springate, Ohlson, dan Zavgren (Brigham & Weston, 2005). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keakuratan analisis finacial distress dari metode Altman, Zmijewski, Grover, Springate, Ohlson, dan Zavgren untuk memprediksi kebangkrutan pada perusahaan transportasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan yaitu perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2021. Teknik pengambilan sampel dari objek penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan perhitungan rasio keuangan perusahaan dari masing-masing metode kebangkrutan, sedangkan pada uji hipotesis menggunakan tingkat akurasi dan tipe error. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Altman memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 9,091% dan 81,818%. Metode Zmijewski memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 63,636% dan 36,364%. Metode Grover memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 36,364% dan 63,636%. Metode Springate memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 18,182% dan 81,818%. Metode Ohlson memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 100% dan 0%. Metode Zavgren memiliki tingkat akurasi dan tipe error sebesar 72,727% dan 27,273%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode Ohlson paling akurat dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan transpotasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress; Kebangkrutan; Altman; Zmijewski; Grover; Springate; Ohlson; Zavgren.
Subjects: Econmics > Economic Forecasting
Business > Data Processing and Analysis of Business
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Wishal Azhar Lababan
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:49
Last Modified: 09 Mar 2023 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65696

Actions (login required)

View Item View Item