Pengaruh pengembangan berkelanjutan perusahaan terhadap nilai dan ukuran perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variable Mediasi : Studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index

Suharti, Sri (2023) Pengaruh pengembangan berkelanjutan perusahaan terhadap nilai dan ukuran perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variable Mediasi : Studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dunia yang telah dieksploitasi berlebihan guna mencapai pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk mencapai sasaran kinerja dalam tiga hal, yaitu profit, people dan planet. Perusahaan yang termasuk dalam indeks saham syariah harus mengikuti prinsip pengembangan keberlanjutan sebagai bagian ketetapan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh corporate sustainable development terhadap firm value dan firm size secara langsung atau melalui profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini juga menganalisis ada atau tidaknya pengaruh profitabilitas terhadap firm value dan firm size. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori maslahah sebagai grand theory, stackholder theory sebagai middle theory dan teori legitimasi, konsep corporate sustainable development dan bird in the hand theory sebagai applied theory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode analisis korelasi untuk menemukan hubungan antara variabel laten eksogen yaitu corporate sustainable development dengan variabel laten endogen yaitu firm value dan firm size, serta profitabilitas sebagai variabel laten mediasi. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Populasi adalah perusahaan terdaftar di Jakarta Islamic Index, dengan pemilihan sample berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan context analisys. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS). Penelitian ini menemukan bahwa Corporate sustainable development tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan tidak berpengaruh terhadap firm value serta terhadap firm size. Penelitian juga menemukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap firm value namun tidak berpengaruh terhadap firm size. Temuan lainnya adalah bahwa corporate sustainable development melalui profitabilitas tidak berpengaruh terhadap firm value dan corporate sustainable development melalui profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Firm size. Corporate sustainable development tidak berpengaruh terhadap firm value dan firm size karena investor cenderung berinvestasi di perusahaan yang mempunyai profitabilitas dan memberikan dividen tinggi. Dibutuhkan transformasi pendidikan dan penguasaan teknologi masyarakat di Indonesia untuk dapat mencapai tujuan corporate sustainable development, yaitu meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Sustainability; Firm Value; Firm Size; Profitabilitas
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Sri Suhartini
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:03
Last Modified: 10 Mar 2023 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65738

Actions (login required)

View Item View Item