Pengaruh muhāsabah terhadap perkembangan sosioemosi remaja: Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa/i kelas XII SMAN 1 Cibitung kabupaten Bekasi

Hartati, Octavia Dwi (2023) Pengaruh muhāsabah terhadap perkembangan sosioemosi remaja: Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa/i kelas XII SMAN 1 Cibitung kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Setiap individu melewati masa perkembangan dalam kehidupan. Salah satunya yaitu masa remaja atau masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Para remaja akan mulai mengenali dan mempelajari tentang identitas dirinya. Ia juga mulai memikirkan masa depan termasuk dengan bakat dan skill yang sedang ia gali. Selain itu, masa remaja juga sudah dituntut untuk melakukan ritual-ritual ibadah di dalam agamanya begitupun dalam ajaran Islam karena fase ini sudah menunjukkan bahwa dirinya sudah mampu memahami syariat-syariat pada agamanya. Salah satu ajaran dalam agama Islam yaitu tentang muhāsabah dimana seseorang dianjurkan untuk introspeksi atau evaluasi diri terkait setiap tindakan yang akan dilakukan antara positif dan negatif. Hal tersebut pula didukung pada masa remaja yang tepat yaitu kemampuan untuk berpikir dalam setiap tindakan yang akan dilakukan. Tujuan dari diangkatnya penelitian ini karena untuk mengetahui pengaruhnya muhāsabah terhadap perkembangan sosioemosi remaja yang berada di SMAN 1 Cibitung kabupaten Bekasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausalitas. Secara lebih spesifik untuk mengetahui besaran pengaruh dalam penelitian yaitu menggunakan koefisien determinasi dan uji signifikansi dengan cara uji T. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket kepada 43 siswa dan siswi aktif SMAN 1Cibitung yang disebar melalui google form. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan presentase koefisiensi determinasi sebesar 43.9% perkembangan sosioemosi dipengaruhi oleh muhāsabah dan 56.1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari topik dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muhāsabah; Remaja; Perkembangan Sosioemosi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Octavia Dwi Hartati
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:09
Last Modified: 14 Mar 2023 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65887

Actions (login required)

View Item View Item