Implementasi dakwah digital dalam akun Youtube VDVC Religi

Putra, Deni Heldiansyah (2023) Implementasi dakwah digital dalam akun Youtube VDVC Religi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Youtube sebagai salah satu aplikasi paling popular di dunia, kehadirannya hampir bisa masuk dalam seluruh lapisan masyarakat. Melihat pada statistik data pengguna youtube mencapai 2,66 miliar pengguna pada kuartal II tahun 2022, hal ini sebagai indikasi kemajuan era teknologi dan informasi. Pada platform youtube tersedia beragam konten audiovisual, selain itu youtube juga sudah banyak dimanfaatkan oleh umat muslim sebagai medium dalam mengunggah video-video kajian islami, salah satu diantaranya yaitu VDVC Religi yang mengemas metode dakwah yang ringan bagi penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dakwah di media sosial pada konten dakwah VDVC Religi dilihat dari kajian logika desain pesan B.J O'keefe, model komunikasi dakwah, dan strategi desiminasi pesan dakwah yang terdapat pada kanal Youtube VDVC Religi. Paradigma yang digunakan adalah kontruktivisme yang memandang realitas sosial sebagai hasil konstruksi dari kemampuan berpikir seseorang. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan secara naratif data-data yang didapatkan secara faktual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika desain pesan B.J O'keefe dan teori model komunikasi. Pada teori logika desain pesan, yaitu menggunakan logika ekspresif dan logika retorika. Adapun model komunikasi yang digunakan oleh VDVC Religi adalah model narasi, model monologis, dan peragaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa logika desain pesan pada akun Youtube VDVC Religi menggunakan dua logika desain pesan, yaitu logika ekspresif dan logika retorika, yaitu social experiment sebagai konsep logika desain pesan dakwah. Adapun model komunikasi yang digunakan oleh VDVC Religi yaitu pola dakwah Retoris sebagai model komunikasi dakwah. Pada pola diseminasi pesan dakwah kanal Youtube VDVC Religi menggunakan strategi diseminasi pesan resiprokal sebagai pola penyebaran pesan dakwah di media sosial. Terdapat beberapa implikasi yang bernilai positif bagi masyarakat yaitu dalam menjangkau mad’u yang luas, lebih dari itu pada tataran praktis hal ini berguna dalam memudahkan penyebaran pesan dakwah keislaman dengan lebih mudah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Dakwah Digital; Youtube; VDVC Religi.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Deni Heldiansyah Putra
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:43
Last Modified: 14 Mar 2023 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65929

Actions (login required)

View Item View Item