Metode pendidikan anak menurut teladan Nabi Ibrahim a.s terhadap Nabi Ismail a.s dalam al-quran

Hernawati, Dede Sri (2023) Metode pendidikan anak menurut teladan Nabi Ibrahim a.s terhadap Nabi Ismail a.s dalam al-quran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang metode pendidikan anak menurut teladan nabi ibrahim a.s terhadap ismail a.s dalam Al-Quran. Al-Quran telah memuat dengan begitu banyak aspek kehidupan manusia. Al-Quran yang lebih tinggi derajatnya serta banyak hikmah yang mencakup seluruh alam dan seisinya yang tak akan pernah habis untuk dikaji serta dibahas secara mendalam. Adapun ajaran-ajaran yang disampaikan secara variatif serta dibungkus sedemikian rupa, yang di dalamnya terdapat bersifat perintah, larangan, ataupun informasi. Dan ada juga kisah-kisah yang di modifikasi kedalam bentuk yang mengandung ibrah dalam pendidikan, baik pendidikan terhadap keluarga, anak, dan sebagainya yang dikenal dengan kisah-kisah Al-Quran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ayat apa saja yang menjelaskan tentang pendidikan Nabi Ibrahim dalam Al-Quran, untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan Nabi Ibrahim terhadap Ismail dalam Al-Quran, untuk mengetahui apa tujuan pendidikan Nabi Ibrahim terhadap Ismail dalam Al-Quran, dan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Nabi Ibrahim terhadap Ismail dalam Al-Quran. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber primernya adalah ayat-ayat al-Qur’an tentang Pendidikan Nabi Ibrahim terhadap Nabi Ismail seperti yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah 132-133, Q.S Ibrahim 37-40, Q.S Ash-Shaffat 100-103, Q.S At-Tahrim 6 dan Q.S Al-Mumtahanah 04-06. Sementara sumber sekundernya ialah literatur yang relevan dengan pembahasan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, dan data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode maudhu’i. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Metode pendidikan anak dalam kisah nabi Ibrahim a.s. dan Ismail a.s. di antaranya adalah metode keteladanan, metode praktek langsung, metode kasih sayang, metode dialog, dan metode doa. Apalagi antara pendidik dengan peserta didik senantiasa terjadi interaksi sehingga peserta didik akan terpengaruh dengan perilaku pendidiknya. ENGLISH : Thesis This is results study about method education child according to example prophet ibrahim US to ismail US in the Koran maudhui interpretation study . The Koran has load with so Lots aspect life human . More Koran tall degree as well as a lot of wisdom that includes whole nature and all that is not will Once finished For studied as well as discussed in a manner deep . As for the teachings conveyed in a manner variative as well as wrapped such likeness , which is in it there is characteristic orders , prohibitions , or information . And there are also modified stories into a form that contains compassion in education, good education to family , children , and so on are known with Quranic stories . As for the summary problem in research this is : How method educate child according to Al- Quran? and What was taught by Prophet Ibrahim ( peace be upon him) . to Prophet Ismail according to the story of Prophet Ibrahim? . Meanwhile purpose from research this is For knowing method educate child according to the Quran and For knowing what only what was taught by Prophet Ibrahim ( peace be upon him).. Approaches and methods research used _ in study This that is approach qualitative with method descriptive analytical . Source the primer is verses of the Qur'an about Prophet Ibrahim's Education towards Prophet Ismail as contained in QS Al- Bqarah 132-133, QS Ibrahim 37-40, QS Ash -Shafat 100-103, QS At - Tahrim 6 and QS Al- Mumtahanah 04-06. Temporary source secondary is relevant literature _ with discussion . Data collection was carried out with studies documents and data Then analyzed with use method maudhu'i . Result of study This disclose that Method education child in story Prophet Ibrahim AS and Ismail AS among them is method exemplary , method practice direct , method love dear , dialogue method , and method prayer . Especially between educator with participant educate always happen interaction so that participant educate will affected with behavior educators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan; Al-Qur’an; Maudhu’i.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dede Sri Hernawati
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:21
Last Modified: 14 Mar 2023 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65947

Actions (login required)

View Item View Item