Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis experiential learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi arus bolak-balik (AC)

Yusup, Abdullah (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis experiential learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi arus bolak-balik (AC). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan HOTS ranah kognitif terhadap LKPD berbasis experiential learning sebagai media pembelajaran pada materi arus bolak-balik (AC). Metode penelitian menggunakan model pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode 4D. Sampel penelitian adalah 20 peserta didik kelas XII MIA MA Al-Bisriyah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes pilihan ganda tertutup kemampuan kognitif HOTS dan lembar kerja peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) LKPD berbasis experiential learning layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada materi arus bolak-balik (AC) dengan persentase kelayakan sebesar 80,91%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis experiential learning untuk meningkatkan HOTS peserta didik pada materi arus bolak-balik (AC) memperoleh pesentase kefektifan sebesar 73,1% dengan kategori efektif, (3) Penggunaan LKPD berbasis experiential learning dapat meningkatkan HOTS peserta didik pada materi arus bolak-balik (AC) dengan kategori peningkatan sedang berdasarkan hasil analisis n-gain dengan skor rata-rata 0,68 dan perbandingan nilai tabel sebesar 2,093 dengan perolehan nilai thitung sebesar 7,921 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima, dan (4) Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis experiential learning dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor persentase rata-rata 75,43%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); experiential learning; arus bolak-balik (AC); Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Abdullah Yusup
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:26
Last Modified: 14 Mar 2023 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65972

Actions (login required)

View Item View Item