Optimalisasi konten artikel di media Online : Studi kasus penerapan Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page di Sabilia.id

Ihsan, Rais Maulana (2023) Optimalisasi konten artikel di media Online : Studi kasus penerapan Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page di Sabilia.id. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Media online (situs web) menjadi tulang punggung ketersediannya berbagai informasi, sehingga bisa dinikmati oleh khalayak. Tak mudah bagi situs web masuk di halaman utama mesin pencari, karena harus bersaing dengan ribuan hingga jutaan web lain. Sabilia.id merupakan salah satu web yang mengandalkan konten artikelnya untuk bisa menempati halaman pertama mesin pencari Google. Romli (2018) mengatakan untuk bisa menempati urutan teratas Google, web harus menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Sementara, teknik SEO terbagi menjadi dua, yaitu On Page dan Off Page. (Swati, 2013) Tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan teknik SEO On Page dan Off Page pada penulisan konten artikel di Sabilia.id. Terkhususnya upaya yang dilakukan oleh pengelola web guna memperoleh halaman pertama mesin pencari. Penelitian ini menggunakan teori Media Baru yang dikemukakan McQuail dengan relvansinya terhadap konsep Search Engine Optimization (SEO) yang dikemukakan oleh Asep Syamsul M. Romli dan Patil Swati sebagai acuan untuk mendalami proses wawancara, pengamatan, dan analisis penulis selama penelitian di Sabilia.id. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif dari Cresswell yang menggunakan prosedur analisis dan tidak menggunakan prosedur statistik atau cara kuantifikasi lainnya. (J. Cresswell, 1998) Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sabilia.id menerapkan SEO On Page dengan mengutamakan kata kunci (keyword) sebagai landasan awal pembuatan artikel, serta sangat memperhatikan kualitas isi konten agar menjadi human friendly. Sementara itu untuk penerapan SEO Off Page, Sabilia.id menerapkan dua jenis metode backlink yaitu reciprocal linking (dua arah) dan one way linking (satu arah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Artikel; Search Engine Optimization; Human Friendly
Subjects: Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rais Maulana Ihsan
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:18
Last Modified: 20 Mar 2023 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66038

Actions (login required)

View Item View Item