Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa melalui pembelajaran berbasis Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR)

Zahra, Libella Adhani (2023) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa melalui pembelajaran berbasis Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa yang masih rendah perlu ditingkatkan, sehingga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui; (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis DNR dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (b) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis DNR dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di suatu sekolah menengah atas dengan dua sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian ini meliputi tes kempuan komunikasi matematis, angket self regulated learning, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang diuji menggunakan Uji t bebas diperoleh hasil: (a) Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan pembelajaran DNR termasuk kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self Regulated Learning siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis DNR dengan siswa yang pembelajaran konvensional, (c) Indikator self regulated learning yang memperoleh hasil tertinggi adalah memanfaaatkan dan mencari sumber yang relevan. Hal ini berarti pembelajaran DNR dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, kemampuan komunikasi matematis, serta self regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis; Self Regulated Learning; Pembelajaran DNR
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Libella Adhani
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:16
Last Modified: 15 Mar 2023 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66040

Actions (login required)

View Item View Item